Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Berita Program Studi

Info Program Studi

Download

Silabus Program Studi D3 Akuntansi


No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 AK19101 Pendidikan Agama Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menghayati aspek - aspek yang berhubungan dengan mahluk Allah dan meningkatkan keimanan kepada Khalik dan hal-hal gaib lainnya, melaksanakan ajaran agama dengan baik. Setelah mengikuti kuliah agama Islam diharapkan mahasiswa terbina iman dan taqwanya kepada Allah S.W.T, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas, bersikap toleransi, ikut mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni untuk kepentingan bangsa dan negara.
2 AK19102 Pendidikan Pancasila Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, menigkatkan semangat kemandirian dan kewirausahaan, menjelaskan dan mengimplementasikan bahwa pancasila adalah ideologi bagi bangsa Indonesia yang majemuk, memotivasi diri sendiri dan memberikan contoh kepada masyarakat dalam melaksanakan nilai-nilai Pancasila
3 AK19103 Pengantar Akuntansi I Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar akuntansi berupa penguasaan konsep-konsep dan teknik-teknik akuntansi pada perusahaan jasa dan dagang. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa dapat mengimplementasikan konsep-konsep tersebut dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan keuangan yang muncul pada suatu perusahaan. Mahasiswa juga mampu memperluas cakrawala pengembangan dasar-dasar akuntansi. Secara konkrit mahasiswa diharapkan untuk: 1. Mampu memahami konsep-konsep pengantar akuntansi. 2. Mampu memahami teknik-teknik pencatatan akuntansi. 3. Mampu memahami laporan keuangan yang disajikan oleh suatu perusahaan.
4 AK19104 Pengantar Ekonomi Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami konsep-konsep dasar dalam ilmu ekonomi dan permasalahan yang muncul dalam ilmu ekonomi, meningkatkan wawasan keilmuan tentang ilmu ekonomi dalam berbagai sektor perekonomian baik secara mikro maupun makro, memahami pentingnya ilmu ekonomi dalam membangun dan mengembangkan perekonomian secara nasional dan internasional guna untuk meningkatkan pendapatan negara, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat secara umum, memahami dan mampu membedakan sistem ekonomi yang ada di dunia sehingga mengambil sistem yang terbaik dalam aplikasi kehidupan.
5 AK19105 Pengantar Manajemen Mata kuliah ini memberikan pengetahuan manajemen secara komprehensif, integral, dan terpadu sesuai dengan paradigma baru, sehingga mahasiswa mempunyai pola pikir dan pola tindak yang terkini bagi pengembangan dan pemecahan masalah dalam pengambilan keputusan dibidang organisasi bisnis/perusahaan pencari laba, maupun pemerintah dan organisasi nirlaba.
6 AK19106 Hukum Bisnis Mahasiswa mampu memahami seluk-beluk seputar dunia bisnis dan perangkatnya dengan baik, meningkatkan ketertarikan mahasiswa menjadi pengusaha yang berdaya saingm meningkatkan motivasi untuk memahami peraturan hukum bisnis, memanfaatkan dan mengembangkan potensi setiap orang secara maksimal, menyebarkan dan membudayakan semangat wirausaha dalam masyarakat, memberikan perubahan positif yang signifikan untuk bangsa dan negara dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
7 AK19107 Matematika Bisnis 1. Memahami dan mengerti jenis-jenis fungsi, fungsi linier serta mampu menggambarkan fungsi linier ke dalam grafik. 2. Memahami dan mengerti fungsi kuadrat dan bagaimana cara menggambar grafik fungsi kuadrat. 3. Memahami dan mengerti aplikasi fungsi dalam ekonomi 4. Memahami dan mengerti mengenai titik maksimum dan minimum pada sebuah fungsi Y = f(x). 5. Memahami dan mengerti mengenai differensial lanjutan
8 AK19108 Teknologi Informasi Mahasiswa mampu memahami dan mengerti Teknologi Informasi beserta perkembangannya, pemanfaatan teknologi informasi dan perkembangannya, pengenalan jaringan, internet dan e-commerce, keamanan dan UU ITE.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 AK19201 Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa memiliki kepribadian yang mantab sebagai Bangsa Indonesia, mampu secara konsisten mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan, budaya, kebagsaan dan rasa cinta tanah air, dan menjadi warga negara yang memiliki daya saing
2 AK19202 Pendidikan Bahasa Indonesia Mampu mengapresiasi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menulis dengan pendekatan proses tata bahasa Indonesia yang dibakukan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
3 AK19203 Bahasa Inggris I (English for Bussiness) Mahasiswa mampu menguasai dan memahami Special Vocabulary in Business English, menggunakan Applicative grammar yang sering digunakan dalam English Business, melakukan percakapan dalam lingkungan kerja dengan menggunakan ungkapan Bahasa Inggris dalam hal bertanya kepada rekan, meminta tolong, mengkondisikan rapat, menginterupsi, memberi opini, membuat saran, mengatasi keluhan, meminta maaf dan memberi penjelasan dengan cara yang tepat, mempresentasikan beberapa topik dalam dunia kerja dengan menggunakan bahasa Inggris, mendiskusikan beberapa topik dalam dunia kerja dengan menggunakan bahasa Inggris, melakukan percakapan dalam bahasa inggris melalui telepon baik secara formal maupun informal, membuat English Business letter by email.
4 AK19204 Manajemen Keuangan Setelah mengikuti kuliah Manajemen Keuangan diharapkan mahasiswa dapat merencanakan, mengalisis dan mengambil keputusan tentang mendapatkan sumber dana dan mengalokasikan dana dengan tujuan memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham.
5 AK19205 Komunikasi Bisnis Mahasiswa diharapkan dapat menemukan berbagai ketrampilan teknis dan sikap mental yang dibutuhkan untuk pengembangan kualitas komunikasi baik sebagai individu, maupun sebagai anggota kelompok masyarakat.
6 AK19206 Penganggaran Perusahaan Mahasiswa memahami ruang lingkup dari penganggaran, menggunakan berbagai metode yang ada sebagai alat untuk pengambilan keputusan dengan jujur dan bertanggung jawab, mengidentifikasi dan menjelaskan dasar penyusunan anggaran, menyusun berbagai macam anggaran secara terperinci, mengidentifikasi dan menjelaskan konsep dan dasar dalam penyusunan anggaran
7 AK19207 Pengantar Akuntansi II Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan Pengantar Akuntansi 1 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar akuntansi.Fokus dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk mampu menyusun laporan keuangan pada perusahaan manufaktur. Mahasiswa juga mampu memperluas cakrawala pengembangan dasar-dasar akuntansi. Secara konkrit mahasiswa diharapkan untuk: 1. Mampu memahami konsep-konsep akuntansi pengantar. 2. Mampu memahami teknik-teknik pencatatan akuntansi. 3. Mampu memahami laporan keuangan yang disajikan oleh suatu perusahaan serta memiliki ketrampilan untuk membuatnya. 4. Memiliki wawasan tentang praktik dan perkembangan akuntansi pengantar di Indonesia dewasa ini.
8 AK19208 Praktik Pengantar Akuntansi Setelah mengikuti kuliah Praktik Akuntansi Dasar mahasiswa dapat menerapkan siklus akuntansi dalam perusahaan jasa, dagang.
9 AK19209 Praktik Komputer Office Mahasiswa mampu menggunakan komputer berbasis sistem operasi windows dengan program aplikasi Excel dalam menangani masalah akuntansi.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 AK19301 Bahasa Inggris II (English for Accounting) Mahasiswa mampu memahami istilah akuntansi dalam materi Introduction to Accounting disertai beberapa ungkapan Bahasa Inggris yang bermanfaat dalam situasi Meeting People, Offering Hospitality, Agreeing and Disagreeing, istilah akuntansi dalam topik Financial Statement and Ratio disertai beberapa ungkapan bahasa Inggris yang bermanfaat dalam Saying Formulas/Equations dan Making Comparison, istilah akuntansi dalam topik Tax Accounting disertai ungkapan tentang Clarifying Information dan Being Polite, istilah akuntansi dalam topik Auditing serta mampu menguasai ungkapan dalam Telephone phrases, Making Appointment, Talking about Trends, Talking about Causes and Result, istilah akuntansi dalam topik Management Accounting serta menguasai ungkapan dalam Meeting Phrases, memhami istilah akuntansi dalam topik Investment serta mampu membuat Presentation phrases dan organizing a presentation.
2 AK19302 Statistik Deskriptif Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian statistika secara umum dan khusus serta kegunaan statistika sesuai dengan bidang keahlian, menjelaskan berbagai skala pengukuran data dan mampu menggunakan skala pengukuran sesuai dengan jenis data, mengubah data tunggal menjadi data interval, serta mampu menentukan ukuran pemusatan data baik pada data tunggal maupun data kelompok, memahami ukuran lokasi data seperti kuartil, desil, dan persentil serta memahami konsep variasi dari data sehingga dapat diterapkan untuk mengolah data, menyajikan data dalam tabel maupun grafik serta mampu menginterpretasikan tabel serta grafik tersebut, membaca tabel dari beberapa distribusi seperti distribusi normal, chi-square, dan binomial serta mengolah data sederhana menggunakan metode regresi.
3 AK19303 Akuntansi Keuangan Menengah I Penyelenggaraan kelas Akuntansi Keuangan Menengah bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan mampu menerapkan perlakuan akuntansi berbagai pos dalam laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat menyajikan Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi dan Laporan Arus Kas serta memahami bagaimana membuat rekonsiliasi bank dan berbagai metode untuk menghitung pos-pos di dalam neraca.
4 AK19304 Akuntansi Biaya Setelah mengikuti kuliah Akuntansi Biaya mahasiswa diharapkan dapat memahami klasifikasi biaya dan konsep-konsep biaya yang ada didalamnya, memahami dan menerapkan metode-metode perhitungan harga pkok produksi maupun elemen-elemen biaya produksinya.
5 AK19305 Akuntansi Sektor Publik Menguasai prinsip-prinsip,konsep-konsep dasar dan praktik-praktik akuntansi pada organisasi sektor publik dan organisasi nirlaba dan dapat dengan baik membedakannya dengan akuntansi pada organisasi bisnis
6 AK19306 Akuntansi Perbankan Setelah mengikuti mata kuliah Akuntansi Perbankan Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan akuntansi perbankan, proses akuntansi bank serta laporan keuangan untuk perusahaan perbankan.
7 AK19307 Perpajakan Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampumemahami konsep perpajakan yang mendasari perhitungan pajak penghasilan sesuai UU Perpajakan yang berlaku di Indonesia
8 AK19308 Pasar Modal Mahasiswa mampu menguraikan masalah akuntansi yang berhubungan dengan pasar modal, menguraikan pengertian tentang perseroan terbatas (PT), mahasiswa mampu memahami akuntansi dan pelaporan saham, menguraikan mengenai Efek sebagai instrumen dalam pasar modal, mengidentifikasi perusahaan efek, penunjang pasar modal dan profesi penunjang pasar modal.
9 AK19309 Sistem Informasi Akuntansi Mahasiswa mampu menguasi konsep teori akuntansi tentang sistem informasi akuntansi.
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 AK19401 Metodologi Penelitian Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar mengenai metode-metode penelitian binis, terutama yang digunakan dalam paradigma penelitian kuantitatif. Materi dalam mata kuliah ini dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu: 1. Tinjauan umum, dan klasifikasi penelitian bisnis. 2. Proses penelitian. 3. Laporan penelitian.
2 AK19402 Audit Setelah mengikuti kuliah Auditing mahasiswa diharapkan mampu memahami langkah-langkah pemeriksaan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan.
3 AK19403 Akuntansi Daerah Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup dan konsep dari akuntansi sektor publik memahami konsep dari akuntansi keuangan daerah, memahami persamaan akuntansi keuangan pemerintah daerah, memahami komponen-komponen dalam laporan keuangan pemerintah daerah, memahami dan menyusun laporan keuangan pemerintah daerah.
4 AK19404 Akuntansi Manajemen Setelah mengikuti kuliah mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, meyiapkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi yang digunakan oleh manajemen.
5 AK19405 Akuntansi Keuangan Menengah II Penyelenggaraan kelas Akuntansi Keuangan Menengah 2 bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan mampu menerapkan perlakuan akuntansi berbagai pos yang berkaitan dengan konsep penilaian, pengakuan, prosedur dan teknik penilaian, penyajian dan pelaporan dalam laporan keuangan dan transaksi ekonomik yang dilakukan oleh perusahaan berorientasi laba. Pos-pos yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah pos aktiva tetap, aktiva tidak berwujud, hutang jangka panjang, pengakuan pendapatan, modal dan investasi, perubahan akuntansi dan koreksi kesalahan.
6 AK19406 Praktik Akuntansi Keuangan Menengah Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa mampu menigkatkan pemahaman konsep dan praktik akuntansi keuangan, komersial dan nirlaba dan menerapkan berbagai penilaian dan berbagai prinsip-prinsip akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia.
7 AK19407 Praktik Akuntansi Perbankan Mahasiswa mampu menjurnal transaksi akuntansi perbankan dan penyusunan laporan keuangan Bank
8 AK19408 Praktik Perpajakan Mahasiswa mampu menguasai teori perpajakan dan penerapannya, melakukan perhitungan dan pelaporan pajak pot-put, melakukan perhitungan dan pelaporan PPh akhir tahun
9 AK19409 Praktik Pasar Modal Mahasiswa mampu menguraikan masalah akuntansi yang berhubungan dengan pasar modal, mampu membedakan pasar uang dengan pasar modal, memahami akuntansi dan pelaporan saham, menguraikan mengenai Efek sebagai instrumen dalam pasar modal, memahami proses terkait pasar modal.
10 AK19410 Praktik Komputer Akuntansi no
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 AK19501 Etika Profesi dan Bisnis Menumbuhkan kesadaran etis dan perilaku etis melalui pemahaman nilai-nilai yang bersumberkan literatur, pengalaman diri dan orang lain, serta melalui penguatan emosi dan spiritualitas.
2 AK19502 Akuntansi Keuangan Lanjutan Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa mengenai konsolidasi perusahaan, hubungan kantor pusat/kantor cabang dalam negeri dan luar negeri. Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun laporan keuangan konsolidasi.
3 AK19503 Analisis Laporan Keuangan Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana interpretasi laporan keuangan dengan teknik dan penilaian kinerja keuangan perusahaan, ditinjau dari sudut pandang manajemen, pemilik dan kreditur. Mata kuliah ini juga membahas mengenai bagaimana menyusun laporan arus kas. Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan menggunakan laporan keuangan bagi analisis bisnis.
4 AK19504 Basis Data Mahasiswa mampu merancang dan membuat sistem basis data serta dapat mengimplementasikannya pada bidang akuntansi
5 AK19505 Kewirausahaan Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship, serta dapat membentuk employability dan entrepreneurskills dalam diri mahasiswa dan menumbuhkan kemampuan mendiseminasikan entrepreneurial skills secara meluas melalui jalur pendidikan
6 AK19506 Praktik Akuntansi Biaya Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep biaya dan mengklasifikasikan biaya sesuai dengan golongan golongan tertentu pada perusahaan manufaktur, melakukan perhitungan harga pkok produksi dan harga pokok penjualan serta menyusun laporan laba rugi, perhitungan biaya produksi dengan menggunakan metode biaya pesanan dan mencatatnya dalam jurnal akuntansi biaya pesanan, menghitung dan menyusun laporan biaya produksi per departemen perusahaan manufaktur, menghitung biaya produk bersama dan produk sampingan, menghitung biaya persediaan dan menghitung biaya tenaga kerja Mahasiswa mampu menghitung biaya overhead pabrik
7 AK19507 Praktik Audit Mahasiswa mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisa data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dan memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis,inovatif dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
8 AK19508 Praktik Akuntansi Daerah Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup pemerintahan, mampu memahami transaksi dan mampu membuat jurnal yang diperlukan, siklus akuntansi pemerintahan, melakukan posting ke buku besar dan membuat neraca, membuat jurnal penyesuaian, menyusun Laporan Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan
9 AK19509 Praktik Sistem Informasi Akuntansi Setelah mengikuti kuliah Praktikum Sistem Informasi Akuntansi mahasiswa diharapkan dapat menerapkan kaidah-kaidah penyusunan sistem informasi dalam bidang akuntansi
No Kode MK Mata Kuliah Tujuan
1 AK19601 Praktik Kerja Lapangan Memberi bekal pengalaman kerja terhadap mahasiswa untuk praktik langsung dilapangan
2 AK19602 Tugas Akhir Penulisan hasil penelitian/ penemuan dalam bentuk laporan akhir dimulai dari langkah menemukan dan memecahkan masalah dengan penelitian dan menulis hasilnya dalam bentuk laporan akhir yang dipertahankan penguji