Sat. Apr 13th, 2024

Sejarah Program Studi Akuntansi

Pendirian Program Studi D3 Akuntansi disahkan dengan Surat Keputusan Menristekdikti Nomor 1206/KPT/I/2018 tanggal 28 Desember 2018. Berdasarkan surat keputusan tersebut Program Studi Akuntansi menerima mahasiswa pada tahun akademik 2019/2020.

Perkembangan Program Studi D3 Akuntansi saat ini adalah penyelenggaraan pendidikan untuk angkatan ke 2 tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah student body 219 mahasiswa. Selain itu, Program Studi D3 Akuntansi sebagai bagian dari PNM dan Jurusan Komputer Akuntansi telah mengembangkan diri dalam hal:

  1. Kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, instansi pemerintah, lembaga sertifikasi, dunia perbankan dan dunia usaha atau dunia industri (DU/ DI) dalam bidang pembelajaran, praktek kerja lapangan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta uji kompetensi sertifikasi.
  2. Program Studi D3 Akuntansi telah melibatkan diri dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mempublikasikan hasilnya dalam berbagai media.
  3. Program Studi D3 Akuntansi telah menjadi bagian dalam jurnal yang telah dimiliki oleh PNM dan Jurusan Komputer Akuntansi, yaitu Journal of Electrical, Electronics, Control and Automotive Engineering (JEECAE) telah terakreditasi SINTA 5; Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi (Jurnal AKSI) yang telah terakreditasi SINTA 3; Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran dan Kesekretariatan dan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (DIKEMAS) yang telah terkareditasi SINTA 5.
  4. Program Studi D3 Akuntansi juga melibakan diri dan aktif berperan dalam pengembangan kekayaan intelektual dan didikung dengan ketersediaan unit kerja HaKI dan Hak Paten di lingkungan PNM.
  5. Program Studi D3 Akuntansi secara aktif mendorong civitas akademik untuk meningkatkan kompetensi melalui layanan Tempat Uji Kompetensi (TUK) – Teknisi Akuntansi yang dimiliki oleh Jurusan Komputer Akuntansi dan telah bekerja sama dengan Lembaga SertifikasiTeknisi Akuntansi (LSP-TA).
  6. Program Studi D3 AKuntansi juga bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Phintraco Sekuritas dalam hal pengelolaan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Politeknik Negeri Madiun.
  7. Kerjasama lainnya dilakukan dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dalam hal pelatihan Brevet Pajak bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan masyarakat umum.
  8. Program Studi D3 Akuntansi mendukung dan terlibat dalam penyelenggaraan konferensi internasional International Conference on Industrial Automation,Smartgrid and its Application (ICIASGA) dan International Conference on Economics, Business and Social Humanities (ICONEBS) untuk pertama kalinya di tahun 2020.